Menggabungkan File PDF

Dulu Microsoft word masih sering digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah dan kantor. Namun  Sekarang ini sudah banyak sekolah atau instansi-instansi perkantoran yang menganjurkan menggunakan PDF.  PDF sendiri adalah Portable Document Format yang dikembangkan oleh Adobe System, Sofware PDF sangat bermanfaat bagi pelajar untuk mengirim tugas dan untuk perkantoran juga bermanfaat untuk membuat presentasi.

Kenapa beralih dari word ke PDF? Hal ini dikarenakan software yang juga di kembangkan secara online untuk converternya ini memliki kelebihan menampilkan file 2D yang mencakup teks, gambar atau vector grafik 2D. Secara nalarpun tentunya dengan menggunakan PDF menyampaian pesan yang tertulis di berkas akan lebih inovatif dan berbeda.

PDF memang memiliki kelebihan, akan tetapi software ini juga memiliki kekurangan di banding dengan word. Jika di word kita dapat dengan mudah menyimpan dan mengedit berkas, namun hal itu tidak berlaku di Portable Document Format (PDF). Perlu pihak ketiga atau software khusus untuk mengedit dan menggabungkan 2 file PDF menjadi satu.

Kedengarannya biasa saja, menggabungkan 2 file menjadi satu, namun masih banyak yang bingung caranya dan apa saja yang digunakan. Maka dari itu dalam kesempatan ini, akan di jelaskan mengenai bagaimana menggabungkan file PDF menjadi satu.

Untuk menjawab kerumitan dalam penggabungan file, anda bisa mengikuti tutorial yang telah disiapkan dibawah ini:

  1. Menggabungkan File PDF jadi satu dengan Adobe Reader

    Ada format file tentu ada softwarenya, begitulah yang bisa kita katakana kepada Adobe System, mereka mengembangkan Adobe Reader tentunya memiliki banyak kegunaan, salah satunya menggabungkan file PDF jadi satu.

    1. Install terlebih dulu aplikasinya, bisa di unduh langsung di situs resmi adobe system Dibagian sebelah pojok kiri klik tab tool.
    2. Setelah itu klik tombol combine files Lalu ikuti langkah-langkahnya seperti Add files yang berguna untuk menambahkan file PDF yang ingin dijadikan satu.
    3. Lalu klik combine File yang ingin digabungkan pun sudah selesai Terakhir tinggal menyimpan file yang digabungkan dengan menekan tab file lalu pilih save as.
  2. Menggunakan Foxit Phantom PDF

    Dulunya bernama Foxit Reader sekarang menjadi Foxit Phantom PDf. Kepopuleran aplikasi ini tidak kalah dengan Adobe Reader, sudah banyak yang menggunakannya di dunia.

    1. Buka Foxit Reader lalu pilih File -> Create -> From Multiple Files
    2.Tunggu hingga Windows baru muncul, lalu centang Merge multiple files into a single PDF file pada bagian bawah.
    3.Klik Add Files untuk menambah file yang ingin digabungkan, tunggu hingga terunggah dulu ke Foxit Reader.
    4. Setelah semua file selesai di upload, kamu bisa mengurutkan dan menghapus file
    5. Klik convert apabila semua pengaturan sudah selesai dan tunggu windows baru muncul untuk menyimpan file sesuai dengan folder yang kamu tentukan.
  3. Menggabungkan File PDF jadi satu di PC menggunakan Adobe Acrobat

    1. Beberapa computer biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi ini, bagi yang belum ada kamu bisa menginstallnya dengan cara mendownload langusung dari situs resminya, bisa pilih yang standard atau pro.
    2. Jika sudah selesai menginstall, buka aplikasinya lalu klik create di toolbar utama. Catatan: jika tombol Create PDF tidak ada bisa memunculkannya dengan cara melalui menu view di toolbar -> Task -> Show All Task Buttons.
    3. Lalu klik Combine Files into a single PDF yang berada di menu Create.
    4. Klik Browse pada tampilan windows yang muncul, lalu cari file document yang akan digabungkan jadi satu. Lalu klik OK.
    5. Urutkan dokumen yang sudah dipilih, jangan lupa hilangkan tanda centang Include all open PDF files yang bertujuan agar file yang sebelumnya dibuka tidak ikut tergabung.
    6. Klik Combine Files -> OK.
    7. Klik Save As, selesai.
  4. Menggabungkan File PDF secara online

    Cara ini memerlukan koneksi internet, ya namanya juga online. Kelebihannya dibandingkan dengan menggunakan software, anda tidak perlu menginstall aplikasi lagi, cukup membuka website combinepdf.com, yang memiliki dukungan bahasa Indonesia. Menggunakannya juga sangat mudah.

    1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunggah dokumen yang akan digabungkan, dokumen yang diunggah bisa sekaligus mencapai 20 file.
    2. Setelah semuanya selesai terupload, klik tombol gabungkan dan tunggu hingga semua proses penggabungan selesai. Dan file akan terunduh otomatis.
  5. Menggunakan Aplikasi Android

    Mungkin cara ini agak sedikit butuh kesabaran, karena proses penggabungannya dilakukan melalui mobile atau handphone. Untuk melakukan cara ini anda diharuskan memindahkan terlebih dulu dokumen pdf ke handphone, lalu mengunduh aplikasinya. Disini akan dijelaskan caranya menggunakan 2 aplikasi saja.

    1. Menggabungkan File PDF Jadi Satu menggunakan Xodo Reader & Editor

    Unduh aplikasinya disini, setelah selesai mengunduh bisa langsung digunakan dengan cara memasukan semua file yang ingin digabungkan setelah itu klik marge. Mudahkan caranya? Lanjut ke aplikasi kedua.

    2. Menggunakan PDF Utility – Lite

    Sama dengan cara aplikasi pertama, anda bisa mengunduhnya disini. PDF Utility – Lite dikhususkan untuk menggabungkan dokumen PDF saja, anda bisa menggabungkan 2 file atau lebih. Bedanya dengan Xodo adalah, pada aplikasi Xodo anda bisa mengedit file PDF.

Kesimpulan

Dari  5 cara mudah menggabungkan file PDF jadi satu diatas, anda memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan, apabila mobilitas yang dilakukan lebih sering menggunakan PC/Laptop silahkan gunakan software dan website online yang sudah dijelaskan, apabila lebih sering menggunakan handphone, pilihlah aplikasi android.

Banyak pilihan memang bagus, tapi pilih salah satu yang terbaik dan menurut anda mudah digunakan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dari semua penjelasan diatas mengenai Cara Menggabungkan File PDF, selain digunakan untuk menyatukan berkas-berkas dan tugas, ternyata bisa bermanfaat untuk merapihkan dokumen PDF yang berada di dalam penyimpanan PC / handpone anda, sehingga menjadi lebih rapih. Namun dengan begitu ukuran file akan menjadi lebih besar. Untuk mengecilkan ukuran file PDF bisa ikuti caranya disini.

Menggabungkan File PDF

Dulu Microsoft word masih sering digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah dan kantor. Namun  Sekarang ini sudah banyak sekolah atau instansi-instansi perkantoran yang menganjurkan menggunakan PDF. ...